Gadget  

Lolos TKDN, Samsung Galaxy S23 FE Dipastikan Meluncur di Indonesia

Samsung Galaxy S23 FE
Samsung Galaxy S23 FE yang diluncurkan di India (Istimewa)

PROGRES TEKNO – Setelah penantian berbulan-bulan, kabar baik datang bagi para penggemar Samsung di Indonesia. Samsung Galaxy S23 FE akhirnya dipastikan akan segera meluncur secara global, termasuk di Indonesia.

Kepastian ini datang setelah ponsel penerus Samsung Galaxy S21 FE ini memenuhi dua syarat utama yang diperlukan sebelum sebuah perangkat dapat dipasarkan di Indonesia. Smartphone dengan nomor model SM-S711B ini terdaftar dalam database Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang dikelola oleh Kementerian Perindustrian. Selain itu, ponsel ini juga telah mendapatkan izin e-Sertifikasi dari Postel SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika pada 11 September 2023.

Di situs TKDN, Samsung Galaxy S23 FE terdaftar dengan nilai TKDN sebesar 37,50 persen dan mendukung jaringan 5G di Indonesia. Kabar ini telah lama dinantikan oleh konsumen yang menginginkan smartphone dengan kinerja andal dan harga yang terjangkau.

Ponsel ini sebelumnya telah muncul di situs sertifikasi China, TENAA, dan kemudian terdaftar di situs TKDN dan e-Sertifikasi Postel, yang semakin memperkuat kemungkinan peluncuran global Samsung Galaxy S23 FE dalam waktu dekat.

Spesifikasi yang Perkirakan

Meskipun belum diumumkan secara resmi, beberapa bocoran spesifikasi Samsung Galaxy S23 FE telah muncul. Ponsel ini diperkirakan akan memiliki layar seluas 6,4 inci dengan resolusi Full HD+ dan dukungan untuk refresh rate 120Hz, HDR10+, serta teknologi fingerprint di bawah layar.

Samsung Galaxy S23 FE akan ditenagai oleh dua tipe chipset yang berbeda, yaitu Snapdragon 8 Gen 1 dan Exynos 2200, tergantung pada negara tujuan penjualan. Prosesor tersebut akan didukung oleh RAM 8 GB dan pilihan memori internal 128 GB atau 256 GB. Ponsel ini juga akan dilengkapi dengan baterai 4.370 mAh yang mendukung pengisian cepat 25W.

Sistem operasi yang diharapkan adalah One UI 5.1 berbasis Android 13, dengan kemungkinan pembaruan ke Android 14.

Kamera belakang Samsung Galaxy S23 FE akan terdiri dari kamera utama 50 MP, kamera telephoto 8 MP dengan 3x optical-zoom, dan kamera ultrawide 12 MP. Di bagian depan, terdapat kamera selfie 10 MP.

Fitur lainnya termasuk dukungan 5G, dual-SIM, WiFi 6E, Bluetooth 5.3, NFC, dan port USB-C dengan pengisian cepat.

Samsung Galaxy S23 FE juga akan hadir dalam beberapa pilihan warna yang menarik, seperti Graphite, White, Lime, dan Lilac Purple. Mengenai harga, rumor menyebutkan bahwa ponsel ini akan dijual dengan harga sekitar Rp10,1 jutaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *