Berapa Pengguna Internet di Indonesia? Ini Data We Are Social 2023

google
Ilustrasi seseorang sedang santai dan membuka laman Google di laptopnya (Istimewa)

PROGRES TEKNO – Berdasarkan data We Are Social, pengguna internet Indonesia telah menembus 213 juta orang per Januari 2023. Angka ini setara dengan 77% dari total populasi Indonesia yang mencapai 276,4 juta orang pada awal tahun ini.

Jumlah pengguna internet di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 5,44% dibandingkan dengan tahun sebelumnya (year-on-year/yoy). Pada bulan Januari 2022, jumlah pengguna internet di Indonesia baru mencapai 202 juta orang.

Dalam tren yang mencolok, jumlah pengguna internet di Indonesia terus meningkat setiap tahun dalam dekade terakhir. Jumlah pengguna internet di dalam negeri telah bertambah sebesar 142,5 juta dari Januari 2013 yang hanya mencapai 70,5 juta orang.

Pertumbuhan jumlah pengguna internet dalam dekade terakhir mencapai puncaknya pada Januari 2016 dengan pertumbuhan tahunan sebesar 50,16% (yoy). Sementara itu, pertumbuhan paling lambat tercatat pada Januari 2022 yang hanya tumbuh sebesar 0,5% (yoy).

Dinukil dari situs KataData.co.id, laporan ini juga mengungkapkan rata-rata penduduk Indonesia menggunakan internet selama 7 jam 42 menit dalam sehari. Lebih dari itu, mayoritas pengguna internet di Indonesia, yaitu sebanyak 98,3%, mengakses internet melalui perangkat telepon genggam.

Meskipun begitu, Indonesia tetap menjadi salah satu negara dengan sebagian besar penduduk yang belum terkoneksi ke internet. We Are Social melaporkan bahwa ada sekitar 63,51 juta penduduk di seluruh Tanah Air yang masih belum memiliki akses internet hingga awal tahun 2023.

Perlu dicatat bahwa jumlah ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan penduduk yang belum terkoneksi internet terbesar kedelapan di dunia. Posisi pertama dalam hal ini dipegang oleh India dengan 730,02 juta penduduk yang belum memiliki akses internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *