4 Cara Mendapatkan Uang dari Internet, Banyak yang Berhasil dan Gagal, Tapi Ini Tipsnya!

bekerja di depan laptop
Seorang perempuan sedang bekerja di depan laptop (Foto: Andrea Piacquadio/PEXELS)

PROGRES TEKNO – Ada banyak cara mendapatkan uang dari internet. Namun pada artikel ini Progres Tekno hanya akan mengulas 4 cara saja yang sudah sering dilakukan dan masih banyak yang menjalankan hingga saat ini.

Semua cara yang disajikan dalam artikel ini adalah cara kerja yang tentu tidak instan dan butuh ketelatenan. Ingat! Tidak ada yang instan dan mudah dilakukan. Kalaulah mudah, bisa jadi itu keberuntungan dan jarang yang bertahan lama.

Oke langsung saja kita bahas.

1. Menghasilkan Uang dengan Blog/Website

Cara mendapatkan atau menghasilkan uang dari internet dengan menggunakan platform blog atau website adalah cara yang paling kuno atau klasik. Namun, cara ini sudah banyak terbukti dan berhasil. Asalkan, sang blogger atau web administratornya konsisten dan mau terus belajar tentang Search Engine Optimization (SEO).

dana kaget
Ilustrasi: Andrea Piacquadio/Pexels

Untuk bisa menghasilkan uang dari blog, kamu harus memiliki blog yang ramai pengunjung. Makin banyak pengunjung, maka semakin besar potensi penghasilanmu.

Dengan website atau blog yang memiliki pengunjung banyak (traffic), tak hanya ribuan, namun belasan ribu per hari, maka banyak peluang yang bisa kamu ambil. Di blog tersebut, kamu bisa memasang iklan programmatic advertising seperti Google AdSense, MGID, Advernative, Taboola, Telkomsel Tadex dan sebagainya.

Selain itu, blog dengan traffic tinggi bisa menghasilkan uang dari penjualan artikel berbayar dan iklan internal. Namun, sekali lagi, untuk membuat blog dengan kunjungan tinggi, butuh proses, ketekunan dan mau terus belajar SEO.

Berapa yang bisa didapatkan dari programmatic ads? Kamu bisa menghasilkan jutaan hingga ratusan juta per bulan. Tergantung dengan jumlah traffic yang bisa kamu datangkan ke situsmu.

2. Mendapatkan Uang dari Afiliasi

Sejak era marketplace, ruang untuk menjadi affiliator semakin mudah. Sekarang kamu bisa menjualkan produk orang lain dengan menyebar link affiliasi produk dari marketplace seperti Tokopedia, Shopee dan lain sebagainya.

Nominal pendapatan yang kamu dapatkan untuk penjualan produk jika terjual, bervariasi, mulai dari ratusan Rupiah hingga puluhan ribu, bahkan ratusan ribu, tergantung produk yang berhasil terjual.

Link affiliasi itu, bisa kamu sebar di media sosial, website dan mungkin lewat aplikasi perpesanan seperti WhatsApp dan Telegram.

3. Jualan Online

Cara ini adalah cara konvensional juga dan membutuhkan modal yang lebih dari dua cara di atas. Yakni jualan online.

Jika kamu memiliki banyak produk yang bisa dijual, kamu bisa menjualnya di Shopee, Tokopedia, Blibli atau marketplace lain. Atau kamu lebih suka jualan dengan toko online-mu sendiri. Tentu dengan membuat toko online sendiri, biaya atau modalmu akan semakin besar. Misalnya, kamu perlu membeli domain dan hosting untuk website toko online.

Dengan memiliki website toko online sendiri, kamu juga memiliki tantangan untuk mengerjakan SEO toko online-mu agar mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google, Bing, Yandex atau selain itu.

4. Menjadi Konten Kreator

Menjadi konten kreator adalah cara menghasilkan uang secara online yang paling populer saat ini. Konten kreator kini memiliki banyak platform, tak cuma di Youtube, namun juga di Facebook, Instagram, Tiktok dan lain sebagainya.

Pekerjaan sebagai konten kreator juga bukan perkara gampang. Banyak yang baru memulai sebulan atau dua bulan, atau bahkan kurang dari itu lalu memutuskan hengkang. Konten kreator butuh inovasi, ketekunan hingga bisa mencapai sukses.

Lagi-lagi, konten kreator juga bukan pekerjaan mendapatkan uang dari internet yang mudah. Banyak tantangan dan rintangan yang harus kamu lalui. Jadi, teruslah belajar dan berjuang.

Kesimpulan

Itu adalah 4 cara yang paling umum untuk menghasilkan uang dari internet. Empat cara di atas sudah banyak yang berhasil dan banyak juga yang memutuskan berhenti di awal jalan atau di tengah jalan. Jangan berharap cara mudah dan instan. Jika ada yang instan cepat dapat uang banyak dan mudah, kamu harus curiga dan cari tahu lebih lanjut, karena bisa jadi itu penipuan. Selamat berkarya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda tidak diperbolehkan menyalin dari halaman ini