Google Mengumpulkan Data Pengguna: Ini Cara Mengetahui dan Mematikannya

google
Ilustrasi seseorang sedang santai dan membuka laman Google di laptopnya (Istimewa)

PROGRES TEKNO – Bukan rahasia lagi bahwa platform online seperti Google mengumpulkan data untuk memahami pengguna mereka. Ini terjadi karena produk-produk Google merekam dan menyimpan riwayat pengguna di berbagai platform mereka.

Beberapa produk dan layanan Google yang melakukan pengumpulan data ini meliputi Gmail, Google Search, dan ponsel Android. CNBC Internasional melaporkan beberapa data yang dikumpulkan oleh perusahaan, seperti yang dilansirnya pada Rabu (20/9/2023), yakni:

  1. Nama, jenis kelamin, dan tanggal lahir.
  2. Nomor ponsel pribadi.
  3. Riwayat pencarian di Google.
  4. Situs web yang dikunjungi.
  5. Preferensi pengguna, mulai dari hobi olahraga hingga makanan favorit.
  6. Tempat kerja.
  7. Tempat tinggal.
  8. Video yang ditonton.

Anda juga dapat mengetahui data pribadi apa yang dikumpulkan oleh Google dan mengambil langkah-langkah untuk mengontrolnya:

  • Jenis Iklan yang Diminati: Masuk ke akun Google Anda, lalu klik “Manage Ads Settings.” Ini akan memberi Anda wawasan tentang topik iklan yang disukai Google menurut data Anda, seperti jenis kelamin, usia, dan iklan yang pernah Anda blokir.
  • Tempat yang Pernah Dikunjungi: Anda dapat melihat lokasi yang pernah Anda kunjungi melalui Google Locations History Page, yang menyimpan data di Google Maps.
  • Aktivitas di YouTube: Anda dapat melihat aktivitas Anda di YouTube, termasuk riwayat pencarian dan video yang telah Anda tonton, melalui fitur Search dan YouTube Watch.

Bagaimana Cara Mematikan Pelacakan Data oleh Google?

Sebagai pengguna layanan dan produk Google, Anda memiliki kendali untuk menghentikan praktik ini. Namun, setelah Anda mematikannya, Anda mungkin tidak akan lagi melihat iklan yang relevan, rekomendasi pencarian yang sesuai, dan pengalaman personal yang dioptimalkan oleh Google. Berikut langkah-langkah untuk mematikan fitur pelacakan data:

  1. Buka laman Google.com dari peramban (browser) desktop atau mobile.
  2. Masuk ke akun Google Anda.
  3. Pilih “Manage your Google Account” dan pada menu “Privacy & Personalization,” pilih “Manage your Data & Personalization.”
  4. Pilih “Activity Controls” dan gulir ke bawah hingga Anda melihat “Manage your Activity Controls.”
  5. Di bawah “Web & App Activity,” geser tombol toggle untuk mematikannya.
  6. Anda akan menerima pemberitahuan yang menjelaskan konsekuensi mematikan pengaturan ini. Pilih “Pause.”

Perlu diingat bahwa mematikan pengaturan ini tidak akan menghapus data pelacakan yang sudah ada, tetapi Google tidak akan lagi menyimpan informasi tambahan seperti lokasi setelah Anda mematikannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *